Gua Sunyaragi

Berjarak hanya sekitar 2 Km dari pusat kota Cirebon, gua Sunyaragi menjadi salah satu tujuan wisata di kota Cirebon. Walaupun gua ini merupakan gua buatan, tapi cukup menarik karena lapisan terluar dari bangunan candi ini di lapisai batu karang.

The welcoming stage for tourist to take a picture with a "Goa Sunyaragi Cirebon" text behind and the Gua Sunyaragi it self at background.
Pintu masuk

Maknanya sendiri jauh lebih menarik, sunya dan ragi ; sepi dan raga. Konon tujuan pembuatan tempat ini adalah untuk tempat istirahat dari para sultan dan juga keluarga sekaligus tempat untuk meditasi, ya mencari kesunyian diri.

Close up picture at wall of the Gua Sunyaragi to take viewer closer to the wall's Gua Sunyaragi to experience the surface of it.
Tekstur Candi dari dekat

Dulu katanya tempat ini berada di tengah danau, yang sekarang sudah ngak ada bekasnya lagi, makin masuk akal kalo tempat ini menjadi tempat untuh mengolah kesepian untuk menyempurnakan raga.

Gua Sunyaragi picture from a distance, to give a bit different view for the viewer.
Gua Sunyaragi dari kejauhan

Katanya ada 12 bagian di area Gua Sunyaragi ini, mulai dari tempat bersantai, tempat penjagaan, dapur dll.

Gapura, as an entrance gate for accessing whole area at Gua Sunyaragi.
Gapura
Gua Sunyaragi
Picture of wall uncoated so the viewer can see the wall behind the coral reef.
Tekstur candi yang tidak terlapisi

Paling kalo mau kesini siap – siap payung atau topi karena panas banget dan tempatnya cukup terbuka dan sedikit hati – hati saat mengeksplorasi tempat ini, banyak jembatan kecil yang menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya.

Jembatan kecil yang bisa dilalui

Dikelilingi pohon – pohon besar disekitarnya, namun masih terasa sangat panas, terutama di area Gua yang memang terbuka.

picture of sunyaragi with trees at the background
Sunyaragi
Gambaran jalan menyusuri gua
Exploring the Sunyaragi
Berkeliling Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi
a javanese designin Sunyaragi depict the acculturation

Gua Peteng, digunakan untuk tampat bersemedi dan menyepi untuk mendapatkan kekebalan tubuh.

Gua Peteng, most iconic cave in this area, used to be a place for meditation.
Gua Peteng
Gua Sunyaragi in silence

Dengan tiket masuk Rp. 15.000 (as of 120723) dan anak – anak yang belum sekolah gratis, tempat ini cukup menarik untuk di kunjungi. Kawasannya terawat dan bersih.

— fg

Leave a comment