Maasai Mara

Maasai Mara sebuah cagar alam yang sangat luas sekitar 1.510 Km2, diresmikan tahun 1961 dan menjadi salah satu cagar alam yang sangat terkenal di dunia. Nama maasai nya sendiri diambil dari nama suku asli yang mendiami lokasi yang bersangkutan sejak awal mulanya.

Kalau pernah lihat film-film binatang di tv kabel terkenal tentang migrasi tahunan (Great Migration) Wildebeest, Zebra dan temen-temennya, ya disinilah TKP nya, tepat di sungai mara yang melintas di cagar alam ini. Siapa tau ada yang mau maen kesini, konon bulan July – Oktober adalah saat yang terbaik untuk melihat migrasi tahunan ini.

Ya saat yang terbaik ! dan hukum ekonomipun (supply and demand) berlaku ; harga tour melonjak, harga penginapan mahal, dan sepertinya harus booking jauh – jauh hari, berhubung orang dari seluruh dunia datang di saat yang sama.

Untitled-3.jpg
Salah satu pintu masuk cagar alam Maasai Mara

Para penjual yang tertangkap kamera diatas adalah para pedang cindera mata, kebanyakan mereka adalah suku Maasai nya sendiri, barang yang dijual cukup beragam, mulai dari kain khas yang mereka gunakan (kikoy) sampai dengan gelang-gelang  yang dibuat dari manik-manik.

Dibawah ini rekaman pendek perjalanan di dalam cagar alam Maasai Mara, untuk sedikit tahu seperti apa kondisi perjalannya.

Untitled-2.jpg
Rumah asli suku Maasai
Untitled-1.jpg
Jalan di dalam cagar alam
Untitled-4.jpg
Maasai Mara sehabis hujan

Ini versi livenya buat para zebra.

Untitled-5.jpg
Jerapah asli di tempat aslinya
Untitled-6.jpg
The heaven burst
Untitled-7.jpg
Maasai Mara National Reserve
Untitled-8.jpg
Rainbow …. so were is the pixie ?
Untitled-9.jpg
In Dust I Trust : a new religion
Untitled-10.jpg
Sendiri, bertahan hidup

Bicara tentang Great Migration, katanya pemeran utamanya adalah para Wildebeest yang jumlahnya kira-kira mencapai 1,7 juta ekor dan pemeran pembantu nya adalah Thomson’s gazelle sekitar 400,000 ekor dan Zebra sekitar 300,000 ekor juga Eland sekitar 12,000 ekor, tapi itu kata “emangnya” (sopir sekaligus tour guide) ngak tau bener ngak nya mah, anggap aja iya.

Untitled-11.jpg
TKP pembunuhan massal wildebeest dan teman-temannya (seperti tersebut diatas :)) )
Untitled-14.jpg
Mara River
Untitled-20.jpg
Menuju

Apa yang dilihat di Maasai Mara sebenernya padang rumput  yang luas banget, view nya nyaris flat dan sama, ya kadang – kadang ada gunung – gunung kecilnya sedikit. Padang rumputnya nya seperti di bawah ini.

Oia, sedikit tentang perjalanan ke Maasai Mara, semuanya biasanya diatur oleh para tour operator, jadi kita tinggal pilih kelas penginapan nya, jenis kendaraan nya dan dengan menggunakan apa kita menuju Maasai Maranya, mengingat jarak dari kota Nairobi cukup jauh kurang lebih 5 – 6 jam perjalanan lewat jalur darat, maka banyak juga pelancong yang menggunakan pesawat terbang kecil untuk sampai kesini, jadi mereka akan mendarat tepat di dalam cagar alam ini.

Untitled-18.jpg
Camp tempat kita bermalam

Seperti gambar diatas, ini adalah salah satu camp yang ada di Maasai Mara, kelebihan camp ini adalah lokasinya yang berada di atas bukit sehingga kita bisa memperoleh pemandangan yang terbaik mengarah ke sungai mara dan pandangan yang luas. Dan tidak kalah penting nya juga, camp ini borderless, alias ngak ada pagernya atau pembatas dengan dunia luar, jadi klo malam banyak binatang yang menghampiri masuk ke camp tempat kita bermalam, ya sedikit menaikkan adrenalin para pengunjungnya.

Untitled-16.jpg
Ini tendanya
Untitled-15.jpg
Bagian dalam tenda, keren kan ?

Cukup nyaman tinggal di camp ini, tapi harganya pun agak lumayan. Nah klo mau main kesini, bisa googling dulu penginapan-penginapan yang ada disini, jadi  bisa disesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Jujurnya afrika eksotis, tapi ngak perlu datang keseluruh taman dan cagar alam yang ada disini, karena menurut saya (sekali lagi saya, saya ulangi ; saya) walaupun setiap cagar alam memiliki ke khasannya masing – masing, tapi berasa sama, atau mirip antara satu dan lainnya. Jadi saran yang lain adalah, putuskan juga cagar alam mana yang akan kamu kunjungi.

–fg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s